Kolaborasi Unram dan UGR Bersama Mahasiswa Sukses Ubah Lembah Bakiq Jadi Destinasi Wisata Ramah Lingkungan, Didukung Penuh oleh Pemerintah Desa!

0


 NTB – Universitas Mataram(Unram) dan Universitas Gunung Rinjani (UGR) berkolaborasi dengan Kelompok Tani Tegeng Karya sertaKelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gapura Rinjani dalamrangka memberdayakan Kelompok Tani dan Pokdarwismenuju desa wisata ramah lingkungan di Desa LendangNangka Utara, Kabupaten Lombok Timur.

 

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelaksanaan kegiatanpenyuluhan dan pendampingan selama 3 bulan dari bulan Juli-September 2024 bertempat di lokasi wisata Lembah Bakiqdan Dusun Gonjong Utara, Desa Lendang Nangka Utara, Kabupaten Lombok Timur.

 

Kegiatan tersebut secara resmi diterima langsung oleh KepalaDesa Lendang Nangka Utara, Muhammad Tahir. Dalamsambutannya, Kepala Desa menerima 20 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dan sangat mengapresiasi kegiatankolaborasi dalam pengembangan dan peningkatan kapasitasmitra (Kelompok Tani dan Pokdarwis).

 

Ia juga menekankan pentingnya kegiatan pemberdayaanberbasis masyarakat yang dilakukan oleh Unram dan UGR di Desa Lendang Nangka Utara untuk menjaga kelestarianlingkungan yang disinergikan dengan kegiatan pariwisatadalam menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

 

“Kami menyambut 20 mahasiswa yang akan menjalankanprogram pengabdian di daerah kami, dan kami berharapkegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Universitas Mataram dan Universitas Gunung Rinjani di Desa LendangNangka Utara dapat mendorong peningkatan kunjunganwisatawan ke destinasi wisata Lembah Bakiq sertameningkatkan produksi pupuk organik di Kelompok TaniTegeng Karya,” Muhammad Tahir.

 

Senada dengan Kepala Desa Lendang Nangka Utara, Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, S.P., M.P., selaku Ketua Tim Pengabdiandan dosen Program Studi Agroekoteknologi Unram, menyampaikan bahwa penyuluhan dan pendampingan yang dilakukan bertujuan meningkatkan kapasitas Kelompok Tanidan Pokdarwis di Desa Lendang Nangka Utara.


 

Pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjunganwisatawan ke obyek wisata Lembah Bakiq melaluipengembangan Edu-Agrowisata, serta mendorongpeningkatan produksi dan kualitas pupuk organik yang mendukung pertanian ramah lingkungan di desa tersebut.

 

“Kita perlu bekerja sama dengan Universitas Gunung Rinjaniuntuk meningkatkan kapasitas mitra Kelompok Tani dan Pokdarwis di Desa Lendang Nangka Utara. Melaluikolaborasi ini, kita dapat berbagi informasi mengenaipengembangan Edu-Agrowisata, mulai dari menambah dayatarik wisata dengan budidaya madu dari lebah Trigona yang tidak bersengat, penataan taman sebagai landmark, hinggapenerapan dalam kelembagaan manajemen guiding. Selain itu, kita juga akan mendukung pertanian ramah lingkungandengan meningkatkan produksi dan kualitas pupuk organikyang akan memperkuat kegiatan wisata di daerah ini,” ucapKetua Tim Pengabdian.

 

Pande Komang Suparyana, S.TP., M.Agb., anggota Tim Pengabdian sekaligus dosen di Jurusan Sosial EkonomiPertanian Unram, dalam kapasitasnya sebagai fasilitatormanajemen budidaya lebah trigona, menegaskan komitmenkuat Unram untuk mendukung pengembangan pariwisata di Desa Lendang Nangka Utara.

 

Ia menyoroti peluang besar dalam menambah daya tarik barumelalui paket Edu-Agrowisata, di mana pengunjung dapatmenyaksikan langsung proses panen madu trigona di lokasiwisata Lembah Bakiq. Inisiatif ini diharapkan dapatmeningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

 

Kemudian Rini Endang Prasetyowati, S.P., M.Agb., dosenProgram Studi Agribisnis UGR sekaligus anggota Tim Pengabdian, menyampaikan bahwa pendampingan juga diperlukan dalam hal manajemen kelembagaan, manajemenguiding di Pokdarwis, dan manajemen administrasipembukuan di Kelompok Tani Tegeng Karya.

 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilankelompok dalam memasarkan destinasi wisata, memperkuatkelembagaan Pokdarwis, serta membantu Kelompok Tanimemahami biaya dan keuntungan dari usaha pupuk organikmereka melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik.

 

Pelaksanaan kegiatan PMM bertajuk "PemberdayaanKelompok Tani dan Pokdarwis Menuju Desa Wisata Ramah Lingkungan" di Desa Lendang Nangka Utara, KabupatenLombok Timur, yang berlangsung selama tiga bulan berjalandengan baik. Semua peserta kini telah memahami berbagaipenyuluhan yang diberikan.

 

Banyak kesan positif dirasakan peserta, terutama saat praktikmenata taman, membuat stup lebah trigona, sertamemproduksi tricordema untuk pupuk organik padat. Semuaini menjadi pengalaman berharga bagi mitra dalampengembangan wisata di Lembah Bakiq.

 

Ketua Pokdarwis, Ripai, S.Pd., dan Ketua Kelompok TaniTegeng Karya, Suhardi, menyampaikan terima kasih kepadaUnram dan UGR yang telah mengirimkan dosen-dosennyauntuk melaksanakan kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan PengabdianKepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang telah mendanaiprogram Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Tahun2024 di Desa Lendang Nangka Utara.


Sumber ://humas unram

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)