Sebanyak 10 Mahasiswa FT Unram Terpilih untuk Magang di Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024 : kesempatan emas akses langsung ke dunia balap internasional

0


NTB – Fakultas Teknik Universitas Mataram (FT Unram) menjalin kemitraan dengan Porsche Sprint Challenge Indonesia melalui program The Mechanic Challenge 2024. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Dekan FT Unram dan pihak Porsche Sprint Challenge Indonesia dalam sebuah acara formal di Ruang Sidang Prof. Morisco, Gedung A FT Unram, pada Rabu, 28 Agustus 2024.


Kerjasama tersebut dalam upaya membangun kolaborasi strategis di bidang teknik dan balapotomotif, dimana sebanyak sepuluh mahasiswa FT Unram terpilih untuk magang sebagai mekanik selama empatseri Porsche Sprint Challenge Indonesia yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Serta menjadikan calon Mekanik mahasiswa asal Unram memberikan kesempatan emas akses langsung ke dunia balap internasional.


 

Adapun rincian empat series Porsche Sprint Challenge Indonesia:

Series 1: 30, 31 Agustus dan 1 September 2024

Series 2: 11, 12 dan 13 Oktober 2024

Series 3: 1,2 dan 3 November 2024.

Series 4: 6,7 dan 8 Desember 2024

 

Direktur Pemasaran Porsche Sprint Challenge Indonesia, Indra Hendradi, menyatakan bahwa liga Porsche di Indonesia merupakan bagian dari jaringan global, yang menjadikannyaliga Porsche ke-34 di dunia. 


Indra juga mengungkapkan bahwa negara-negara terdekat yang menggelar liga serupahanya Australia dan Jepang. Kesempatan ini, menurutnya, bukan hanya tentang balapan, tetapi juga tentang koneksiantara industri balap dan institusi pendidikan, khususnyadengan FT Unram, sebagai universitas terkemuka di Lombok.

 

Indra juga menjelaskan bahwa mahasiswa magang akandikontrak selama satu musim dan diberikan akses penuh, 

“Di MoU, di kontrak selama 1 Musim. Mahasiswa terpilihdiberikan akses seluas-luasnya teknologi dan ada kewajiban di kontrak seperti disiplin waktu, perilaku dan lainnya.” Ucap Indra.


 

Untuk menjadi bagian dari program bergengsi ini juga tidakmudah. Dari 50 pendaftar, Porsche melakukan serangkaianseleksi internal yang ketat, termasuk wawancara langsung. Hasilnya, 10 mahasiswa yang memenuhi kriteria diumumkanpada hari penandatanganan kerja sama, Rabu, 28 Agustus2024. Indra menambahkan, program magang ini dapatmenjadi pintu gerbang bagi mahasiswa FT Unram untukmelanjutkan karier mereka di industri balap Asia Pasifik.

 

“Magang ini bisa membuka jalan bagi mahasiswa. Siapa tahuprestasi mekanik lokal bisa dilirik oleh tim Asia Pasifik untukbekerja di industri balap,” katanya optimis.

 

Indra menambahkan akan ada peluang mahasiswa magangdirekrut sebagai pegawai tetap berdasarkan performamahasiswa selama empat series berlangsung.

 

Adapun sepuluh mahasiswa yang lolos seleksi adalah:

1. M. Harijul Mabrur

2. M. Alfatih Habibi

3. Nanti Sarwa Kinasih

4. M. Irawan Atmiyadi

5. M. Tegar

6. Baginda Arsy Muhammad

7. Lalu Sultan Giri Tanjung

8. Ody Kurniawan

9. Hasnatun Nabilah

10. Maulana Siregar

 

Untuk bisa terpilih, mahasiswa harus memenuhi sejumlah kriteria, termasuk pengalaman kerja praktik mekanik dan pemahaman dasar tentang alat-alat mekanik. Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga menjadi pertimbanganpenting dalam seleksi ini.

 

Mahasiswa terpilih akan memulai magang mereka sebagaimekanik junior. Dalam tahapan awal, mereka akan diberikanmateri umum terkait mekanika, sebelum nanti diarahkan pada spesialisasi tertentu berdasarkan minat dan keahlian masing-masing.

 

“Mahasiswa akan lebih banyak membantu kepala mekanik. Jadikan kesempatan ini sebagai pintu masuk untuk mencapaiakses lebih luas lagi,” tutur Indra.

 

Balapan terdekat nantinya akan digelar pada akhir pekan ini, dan seri berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2024.

 

Dekan FT Unram, Ir. Muhamad Syamsu Iqbal, Ph.D., menilaiprogram ini sebagai langkah penting dalam membentukmental kompetisi mahasiswa, sekaligus mempersiapkanmereka menghadapi tantangan di dunia kerja nyata. Iamenekankan bahwa kesempatan ini merupakan langkahstrategis yang perlu dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa.

 

“Terima kasih kepada Porsche yang berkontribusi mencetaktenaga yang andal, dan lebih siap bekerja secara kompetisidan mental. Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukanPorsche,” ucapnya.

 

Syamsu juga berharap agar mahasiswa FT Unram dapatmenjaga nama baik almamater dan 10 mahasiswa terpilih inimendapatkan kesempatan untuk direkrut menjadi pegawaitetap.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)