KPU Lobar Umumkan Tahapan Pendaftaran Calon Kepala Daerah

0


Lombok Barat - pengumuman tersebut disampaikan kepada awak media di momen Mesia Gathering yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Barat pada hari Minggu tanggal 18 Agustus bertempat di Aula KPU Lobar.


Tujuan diadakannya Gathering Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah agar para Calon Kepala Daerah dapat mengetahui dan mempersiapkan diri terkait kesiapan proses pendaftaran tersebut agar penyelenggaraan Pilkada di Lobar berjalan sukses dan baik.


Hal senada diungkapkan oleh Hamdi, M. AP Anggota KPU Lobar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia bahwa suksesnya Pilkada di Lobar tentu tidak lepas dari peran media yaitu sebagai aktor pentahelix


 “Salah satu Pilar Denokrasi yaitu keterlibatan media, sehingga penting untuk kita duduk bareng menyamakan persepsi bahwa pilkada ini serta pesan-pesan yang disampaikan oleh KPU bisa sampai diterima oleh Masyarakat di Lombok Barat. Terutama tahapan-tahapan pendaftaran Bakal Calon” ucap Hamdi.



Sesuai PKPU nomor 8 tahun 2024, Tentang Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Lombok Barat nantinya akan dilaksanakan sebagai berikut :

  1. 27-29 Agustus (Pendaftaran Pasangan Calon)
  2. 27 Agustus - 2 September (pemeriksaan kesehatan)
  3. 29 agustus - 4 September (penelitian persyaratan administrasi calon oleh KpU)
  4. 6-8 September (Perbaikan dan penyerahan persyaratan administrasi bakal calon)
  5. 22 September (penetapan pasangan calon)
  6. 23 September (pengundian dan pengumuman nomor urut)

Sementara itu Riadi, M. Pd. I selaku Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Mengatakan Media juga punya peran penting dalam menyebarkan informasi tentang tahapan pendaftaran pilkada. Ia juga menyampaikan kepada awak media terkait potensi-potensi rawan pemilu di Lombok Barat.


“Kami telah mengidentifikasi kerawanan diantaranya rawan konflik dan rawan pelanggaran, rawan partisipasi dan rawan bencana pemilu berdasarkan basis data” ungkap Riadi


Jelang Pendaftaran, Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten Lombok Barat diharapakan juga untuk mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh KPU. 

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)