Program Tuak Manis DUKCAPIL Lombok Timur Menyasar ODDP

0

 


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Timur dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat Marginal dan disabilitas mempunyai program “ Tuak Manis “  (Tuntas Adminduk Masyarakat Marginal dan Disabilitas).
Tuak Manis, merupakan salah satu program pelayanan keliling adminduk darurat, khusus untuk warga lansia dan disabilitas yang didatangi langsung ke rumahnya serta e-KTP dapat cetak di tempat.  
 

Beberapa hari yang lalu Dinas Dukcapil bekerja sama dengan SHG Sopoq Angen desa selebung ketangga bekerja sama mengadakan perekaman e-KTP kepada disabilitas psikososial yang ada di desa selebung ketangga. 

Bukan saja perekaman e-KTP saja yang di laksanakan namun mereka juga memberikan pelayanan pembeuatan KIA, Akte Kelahiran dan perbaikan data adminduk kepada disabilitas yang lainnya selain ODDP.  
SHG Sopoq Angen sebagai wadah disabilitas di desa dan kader Keswa  tingkat desa berkomitmen tidak ada lagi disabilitas dan kelompok rentan lainnya yang tidak memiliki Adminduk. Karena ini sangat penting buat pemenuhan hak hak disabilitas yang lainnya.  


“ Tanpa KTP seseorang belum sah sebagai warga negara karena syarat mengakses berbagai pelayanan di pemerintahan dasarnya adalah data adminduk tersebut “ kata Lalu wisnu yang selama ini sebagai pendamping kelompok SHG tingkat desa tersebut.  
Sementara itu sekdes desa selebung ketangga, Jabir S,Pd sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh kelompok SHG ini dan berharap melalui kelompok SHG ini pihak desa bisa lebih mendekatkan diri kepada warga mereka yang selama ini terpinggirkan melalui program program yang lebih berpihak kepada disabilitas.

  
Sedangkan pak Mangsup sebagai kasi pendataan penduduk Dukcapil lombok timur ada kelompok kelompok SHG lainnya di setiap desa di lombok timur ini sebagai ujung tombak pelayanan di tingkat desa. Dan ini membutuhkan perhatian khusus dan dukungan dari pemerintah lombok timur.  
 
 
 

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)