Penguatan Kapasitas KESWA menuju Pelayanan Yang Lebih Baik

0


Psikososial adalah sebuah gejala kelainan pada diri seseorang secara individu yang selama ini masih kurang di perhatikan sebagai sebuah permasalahan yang perlu di tangani dengan serius. Akhir akhir ini gejala Psikososial yang semakin marak karena menurut analisis kementrian kesehatan hampir 73 % masyarakat mengalami yang namanya kecemasan.

 

Kecemasan ini jika tidak di antisipasi dengan baik maka akan menjadi gangguan secara individu yang bisa mempengaruhi seseorang secara mental dan bermasalah secara sosial seperti pergaulan dan lainnya.

 

Dasar inilah LIDI Foundation melakukan penguatan kapasitas kepada kader kesehatan jiwa ( KESWA ) di dua desa dampingannya yaitu desa ketangga jerang dan desa selebung ketangga supaya mereka lebih memahmi cara melalukan metigasi gejala gejala masyarakat yang terkena dengan Psikososial dan cara melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

 

Dalam kegiatan yang akan di lakukan selama dua hari ini, kader kesehatan jiwa bukan saja di harapkan mampu untuk menjadi garda terdepan di masyarakat dalam penanganan Psikososial, namun sangat di harapkan mereka setelah ini menjadi pendamping yang baik untuk merubah stigma masyarakat tentang Psikososial yang selama ini biasa di kenal sebagai ODGJ atau orang gila.

 

Stigma masyarakat ini juga menjadi kendala terbesar orang dengan gejala Psikososial susah mendapatkan penerimaan di tengah tengah masyarakat karena di anggap menggangu dan rentan melakukan kekerasan.

 

Penanganan ODDP ( Orang dengan disabilitas psikososial ) bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan dan dinas sosial namun masyarakat dan lingkungan juga punya peran penting untuk tetap menerima mereka dengan cara melibatkan dalam kegiatan kegiatan yang ada di masyarakat dan lingkungan keluarga.

 

Penguatan Kapasitas yang di pasilitatori oleh dinas kesehatan Lombok Timur, Penanggung jawab Jiwa puskesmas, dan dari rumah sakit jiwa provinsi nusa tenggara barat sebagai langkah awal untuk membekali kader kesehatan jiwa di desa lebih memahami perannya dalam perubahan stigma masyarakat selain melakukan pendampingan dan penanganan terhadap masyarakat yang terkena kejala Psokososial atau ODD seperti yang di sampaikan Direktur LIDI Foundation Lalu Wisnu Pradipta.

“ kita sangat berharap peran kader kesehatan jiwa ini bukan saja bisa menangani masalah ODDP dari sisi pelayanan kesehatan saja namun bisa menjadi ujung tombak kita melakukan sosialisasi perubahan stigma masyarakat kepada saudara kita yang disabilitas psikososial ini “ paparnya.

 

 

 

 

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)