Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehtan Unram, Lantik 62 Dokter Baru

0


NTB - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram (FKIK Unram) menyelenggarakan Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter yang ke-50 pada hari Selasa, 30 Juli 2024 di Hotel Lombok Raya. Acara ini merupakan momen penting bagi para lulusan FKIK Unram yang akan resmi menyandang gelar dokter dan siap mengabdikan diri di dunia kesehatan.

Upacara dimulai dengan laporan dari Wakil Dekan 1 FKIK Unram yang diwakili oleh Ketua Jurusan Kedokteran FKIK Unram, Dr. dr. Ardiana Ekawanti, M.Kes. Dalam laporannya, disebutkan bahwa ada 62 dokter baru yang akan diambil sumpahnya, terdiri dari 22 orang laki-laki dan 40 orang perempuan.

Mereka telah melaksanakan pendidikan dokter muda di rumah sakit pendidikan utama untuk FKIK, yaitu RSUD Provinsi NTB dan rumah sakit jejaring lainnya seperti RSJ Mutiara Sukma Provinsi NTB, RSUD Praya, RSUD Tripat Gerung, dan beberapa puskesmas di wilayah Kabupaten Lombok Barat.


Para dokter baru ini telah lulus dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode bulan Mei 2024, dengan 59 orang merupakan first taker yang langsung lulus pada ujian pertama. Di mana tingkat kelulusan first taker ini mencapai 98,3% di atas standar nasional dan 4 orang retaker juga dinyatakan lulus.

“Dokter-dokter baru yang akan disumpah hari ini akan melengkapi jumlah dokter lulusan FKIK Unram sebanyak 912 orang. Anak-anakku yang hari ini akan diambil sumpahnya, wajib mengikuti internship di rumah sakit daerah dan puskesmas di seluruh Indonesia. Selamat bekerja dan semoga sejawat dokter baru nanti diberikan kemudahan di tempat tugas yang baru,” tutur dr. Ardiana.

Pengambilan sumpah dokter dilakukan oleh Dekan FKIK Unram, Dr. dr. Arfi Syamsun Sp.KF., M.Si.Med. Dalam prosesi yang khidmat ini, para dokter baru mengucapkan sumpah dan menandatangani naskah lafal sumpah dokter, menandai komitmen mereka untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga medis dengan integritas dan profesionalisme tinggi.


Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor Unram menyampaikan ucapan selamat kepada para dokter baru dan menekankan pentingnya dedikasi dan pengabdian dalam profesi kedokteran. Beliau juga menyampaikan bahwa para dokter baru ini merupakan aset bangsa yang akan membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

“Tentunya para dokter baru ini merupakan aset bangsa karena saudara-saudara adalah bagian dari yang ikut nanti membantu bangsa ini untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat kita, di tengah kondisi masyarakat kita yang bertambah,” ujarnya.

Prof. Bambang juga menggaungkan bahwa siapa pun dari latar belakang apa pun, bisa mengenyam pendidikan dokter di Unram. “Unram sejak tahun 2022 sudah membuka jalur miskin berprestasi untuk seleksi Mandiri, jadi mereka yang kurang mampu bisa belajar di FKIK Unram dengan membayar nol rupiah. Rantai kemiskinan harus dipotong, salah satu caranya adalah melalui pendidikan. Maka dari itu, Unram tidak hanya membuka akses pendidikan bagi yang kurang mampu, tetapi juga memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” tutur Prof. Bambang.

Beliau juga menekankan pentingnya menjaga nama baik almamater dan terus bekerja dengan tekun. “Jaga baik nama baik almamater, bekerjalah dengan tekun di mana pun saudara berada. Ingatlah bahwa saudara-saudara para dokter tidak akan lepas dari almamater, karena sekali Anda dinyatakan sebagai dokter, nama baik FKIK dan Unram ini harus dijaga,” tambah Prof. Bambang.

Rektor Unram juga menyoroti pengembangan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang sudah dibuka di FKIK Unram, termasuk PPDS Obgyn, PPDS Bedah, PPDS Pulmonologi, PPDS Neurologi, dan PPDS Kedokteran Kelautan. Selain itu, tiga prodi baru akan dikembangkan, yaitu Anestesi, THT, dan Dokter Anak.

Dekan FKIK Unram, Dr. dr. Arfi Syamsun Sp.KF., M.Si.Med. dalam sambutannya, memberikan motivasi kepada para lulusan untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, baik di tingkat lokal maupun nasional. Beliau juga menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antarprofesi dalam menghadapi tantangan kesehatan yang semakin kompleks.

Dengan dilantiknya para dokter baru ini, diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta membawa nama baik FKIK Unram dan Universitas Mataram di dunia medis.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)