Pesona Savana Rinjani Camp di Kaki Gunung Rinjani

0


 Lombok Timur - Lombok kini memiliki potensi pariwisata yang sangat populer dan berkembang seperti  taman  wisata sembalun yang terletak di jalan wisata Rinjani, desa Sembalun, Kabupatan Lombok Timur, terutama di salah satu lokasi berkemah bernama Savana Rinjani Camp yang letaknya persis di samping gerbang utama pendakian Gunung Rinjani atau yang biasa disebut kandang sampi.

Dengan pemandangan Gunung Rinjani yang gagah menjulang, camping ground yang dikelola oleh seorang kepala sekolah di kawasan sembalun ini patut menjadi pilihan bagi wisatawan untuk menginap bersama keluarga maupun kolega.

Dengan mengembangkan camping ground  sebagai tempat wisata yang dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat menyediakan lahan dengan ukuran yang sudah ditentukan dan pihak balai dapat menarik retribusi sehingga tidak ada yang dirugikan. Dengan hal ini dapat mendorong meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar.

Minat masyarakat yang terus berkembang dalam sektor pariwisata yang tidak  lepas dari peran optimalisasi teknologi harus terus menjadi perhatian dan tujuan pihak pengelola  untuk lebih aktif dalam mempromosikan melalui berbagai platform media sosial seperti instagram dan facebook dengan tujuan untuk memajukan destinasi wisata Sembalun dengan view Gunung Rinjani yang memanjakan mata dengan tetap mempertahankan kebersihan yang mendukung kenyaman wisatawan dalam berkegiatan.
Destinasi wisata ini juga kerap kali dijadikan tempat kumpul untuk camp ground  seperti dokter, mahasiswa, intansi. Selain itu, pihak pengelola juga aktif bekerja sama dengan Dinas Pariwisata lombok timur terkait pelatihan-pelatihan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya yang tersedia.

Sejauh ini, banyak keterlibatan masyarakat terutama kelompok pemuda menjadikan perawatan pada beberapa fasilitas seperti pada MCK (Mandi Cuci kakus) sangat terawat, parkir, area api unggun, penyimpanan barang.

Akan tetapi kurangnya pembiayaan pemerintah terkait akses jalan yang masih sangat butuh diperbaiki. Fasilitas yang belum secara maksimal dijalankan yang dilakukan oleh pihak terkait dan akses jalan yang kurang mendukung terutama dalam mengakses menuju lokasi yang hampir lapuk yang masih sangat perlu perhatian pemerintah, dengan memudahkan perijinan dan memenuhi kebutuhan dana guna memajukan pariwisata yang sangat berpotensi ini.

Salah satu pemuda disana mengatakan kalau perbaikan jalan tersebut sengaja tidak diperbaiki oleh pemerintah setempat, agar para wisatawan bisa menikmati bagaimana jalan alami menuju gunung Rinjani.

Masih kurangnya masyarakat yang mengetahui Savana Rinjani Camp Ground dapat teratasi dengan aktif melibatkan berbagai komunitas salah satunya dengan komunitas fotografi yang dapat aktif mempromosikan dan mengadakan berbagai event-event yang dipublikasikan di platform media sosial. Hal ini dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat terutama dalam memilih berbagai tawaran destinasi wisata.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)