Melalui Konferensi Kepulauan Dunia ke-19, Unram Berkomitmen Menegaskan Program Kemitraan Internasional Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

0


NTB – Universitas Mataram (Unram) menunjukkan dukungannya terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan menyelenggarakan 19th Islands of the World Conference (Konferensi Kepulauan Dunia ke-19 -red) yang dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 29 Juni 2024.

Konferensi internasional kali ini mengusung tema “Islands and Resilience: Global Opportunities” dan menyoroti isu-isu krusial seperti perubahan iklim, tata kelola pulau, ekonomi biru, budaya pulau, jaringan pulau dan ekosistem digital, serta pembangunan negara kepulauan.

Sebanyak 131 presenter dari 28 negara turut hadir dalam konferensi ini, membahas berbagai aspek penting terkait ketahanan pulau yang sejalan dengan beberapa SDGs, termasuk tujuan ke-13 (Penanganan Perubahan Iklim), tujuan ke-14 (Ekosistem Lautan), dan tujuan ke-11 (Kota dan Permukiman Berkelanjutan).


Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., selaku Rektor Unram, menegaskan komitmen Unram dalam mendukung program internasional yang sejalan dengan SDGs. “Universitas kami mencoba untuk menjadi rumah bagi para pembuat perubahan global,” ujarnya.


Konferensi ini juga menandai peluncuran AIS University Network and Archipelgic Sciences, sebuah langkah strategis untuk memperkuat kolaborasi akademis lintas pulau di seluruh dunia, yang turut mendukung tujuan SDGs ke-17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)