Calon Maba Unram Yang Ingin Memeriksakan Kesehatannya, Kini Lebih Mudah, Begini Penjelasannya !

0


 NTB - Universitas Mataram dan Rumah Sakit Universitas Mataram melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan (Pemkes) bagi Calon Mahasiswa Baru (Maba) jalur SNBT bertempat di Auditorium M. Yusuf Abubakar. 

Berdasarkan pengumuman atau informasi daftar ulang yang telah disampaikan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNBT di media massa, nantinya Maba diminta untuk membuat Virtual Account (VA) pada laman website SIREG yang selanjutnya melakukan daftar ulang dengan mengupload dokumen yang diminta untuk kemudian melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Pemkes).

Terkait Pemeriksaan kesehatan dimaksud, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mataram telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Universitas Mataram, dimana lokasi Pemkes bertempat di Auditorium M. Yusuf Abubakar Unram sejak tanggal 24 Juni sd tanggal 30 Juni 2024. 

Tim media Epic Lombok berkesempatan melihat secara langsung proses Pemeriksaan Kesehatan tersebut. Hal yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sudah tidak ada lagi terlihat antrian panjang dimana Mahasiswa yang akan diperiksa langsung dilayani untuk mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan yang ditentukan. 

Pemeriksaan Kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Unram merupakan upaya pemberian pelayanan Pemeriksaan Kesehatan bagi para Mahasiswa Baru dengan respon cepat melalui alur dan mekanisme satu pintu yang telah ditetapkan oleh Unram. 


Ketua Panitia Pemkes RS Unram dr. Decky Aditya Zulkarnaen kepada media mengatakan, Pemkes bagi Calon Maba harus sudah terdaftar di sistem SIREG Unram sehingga Maba dapat melakukan reservasi online dengan sistem Rumah Sakit Unram.

“Jadi , proses administrasi Pemkes tidak memakan waktu yang lama karena pasien kami harus terdaftar dulu di SIREG baru kemudian kami layani", ucap dokter Decky.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Unram Dr. dr. Lina Nurbaiti, M.Kes, FISPH, FISCM juga menyampaikan bahwa Pihak Manajemen Rumah Sakit Unram telah melakukan koordinasi dengan Pihak Rektorat dan Stakeholder lainnya agar proses Pemkes berjalan tanpa hambatan. Respon cepat tanggap yang luar biasa dari seluruh pemangku kebijakan serta stakeholder terkait pelaksanaan Pemkes Maba kali ini dapat tercipta dengan baik. 

“Kami telah membetuk Tim Pemkes guna kelancaran Proses Pemeriksaan Kesehatan bagi Calon Maba Unram. Insyaallah berkompeten di bidangnya", ucap Ibu Direktur. 


Di sisi lain, dr. Ika Noviati Subandrio, Tim Humas dan Kerjasama RS Unram mengatakan bahwa terkait hal- hal teknis dan non teknis terselesaikan sesegera mungkin pada Pemkes Maba ini sehingga meminimalisir komplainan yang ada saat pelaksanaan. Sejak dari beberapa hari menjelang pelaksanaan Pemkes, panitia Pemkes RS Unram telah berkoordinasi langsung dengan Pihak Unram terkait mekanisme pelaksanaan Pemkes ini. Tim Humas dan Kerjasama RS Unram menjadi garda terdepan koordinasi jika terdapat keluhan, pertanyaan maupun saran terkait pelayanan Pemkes dari Maba Unram. Dukungan terciptanya  pelayanan prima oleh jajaran manajemen RS Unram yang dipimpin oleh Dr.dr.Lina Nurbaiti, M.Kes, FISPH, FISCM, selaku Direktur RS Unram dengan motto Ramah, Profesional dan Berkualitas diterapkan selama berlangsungnya kegiatan Pemkes. 

Prioritas pada MABA dengan disabilitas dan MABA dari luar Pulau Lombok juga menjadi concern pelaksanaan MABA kali ini oleh Panitia Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Maba. 

“Pada prinsipnya, pihak RS Unram bersama pihak Rektorat Unram ingin memberikan 'Service Excellent' kepada MABA agar Unram dan RS Unram lebih dikenal luas oleh masyarakat tidak hanya bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Kota Mataram dan sekitarnya, namun bisa memberikan kontribusi positif yang besar pula terhadap peningkatan layanan Pemkes MABA pada khususnya serta pelayanan kepada masyarakat NTB dan Indonesia pada umumnya. Sehingga masyarakat atau khalayak luas merasakan dampak positif terhadap keberadaan RS yang telah berdiri sejak tahun 2016 ini”, tandas dr. Ika di akhir sesi wawancara kami dengannya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)