Tingkatkan SDM Untuk GTK, SMKN 6 Mataram Gelar Workshop Bersama Dunia Usaha dan Dunia Industri

0


 Mataram - SMKN 6 Mataram menggelar Workshop bersama Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) serta Komite Sekolah dalam pengembangan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) pada program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) Skema Reguler Baru Tahun 2023, Selasa, (28/11).

Workshop tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan hubungan kerjasama dengan industri dalam bidang finansial pengembangan sekolah.

Kegiatan ini juga melibatkan Kepala Sekolah, staf Tata Usaha dan guru. Workshop ini bertujuan untuk penguatan pembelajaran yang terintegrasi dengan dunia kerja, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari SMK.

Kepala Dinas Dikbud NTB, H. Aidy Furqan, M.Pd mengatakan dalam proses pembelajaran berbasis dunia kerja pada SMK-PK Skema Reguler Baru memiliki cara lain dalam mendidik siswa dengan baik.

"Dalam mendidik harus menciptakan suasana yang baik dengan menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri dalam membina anak didik", kata Aidy.
Ada beberapa langkah utama dalam realisasi pembelajaran berbasis dunia kerja antara lain dengan penyelarasan kurikulum, peningkatan kualitas mengajar, penguatan kerjasama dengan industri, penyusunan program magang atau praktek kerja, identifikasi kebutuhan industri, pemberian informasi karir, dan pengembangan softskill, tandasnya.

Dengan direalisasikannya langkah-lngkah tersebut, diharapkan para guru mampu mengembangkan kapasitasnya dalam pembelajaran berbasis industri ini. Para siswa juga dapat terbekali dengan baik dalam menghadapi dunia kerja kelak.

Untuk diketahui, kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) itu sangat bagus dan baik bagi pihak sekolah, karena membantu lulusan untuk bekerja, selain itu juga perusahaan itu bisa memberikan peralatan kepada sekolah sesuai dengan kebutuhan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)